Kamis, 08 Juni 2017

PELAJAR YANG TIDAK BIASA



PELAJAR YANG TIDAK BIASA (ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)
Dahulu istilah “ketidakmampuan” (disability) dan “cacat” (handicap) dapat dipakai bersama-sama ,namun kini kedua istilah itu dibedakan .Disability adalah keterbatasan fungsi yang membatasi kebutuhan seseorang .Handicap adalah kondisi yang dinisbahkan pada seseorang yang menderita ketidakmampuan .misalnya,ketika anak yang menggunakan kursi roda  tidak memiliki akses yang memadai untuk ke kamar mandi,transportasi dan sebagainya maka ini disebut sebagai handicapping condition
Ada beberapa kelompok ketidakmampuan dan gangguan (disorder) sebagai berikut : gangguan organ indra (sensory) ,gangguan fisik,retardasi mental ,gangguan bicara dan bahasa ,gangguan belajar (learning disorder),attention deficit hyperactivity disorder dan gangguan emosional dan perilaku
Gangguan Indra
Anak-anak yang menderita low vision punya jarak pandang antara 20/70 dan 20/200 (pada skala snellen dimana angka normalnya adalah 20/20 ) .anak low vision dapat membaca buku dengan huruf besar –besar atau dengan bantuan kaca pembesar .anak yang  “buta secara edukasional” (educationally blind) tidak bisa menggunakan penglihatan mereka untuk belajar dan harus menggunakan pendengaran dan sentuhan untuk belajar .hampir setengah dari anak jenis ini dilahirkan telah dalam keadaan buta dan sepertiganya mengalami kebutaan pada tahun-tahun awal kehidupan mereka .banyak anak buta ini punya kecerdasan normal dan berprestasi secara akademik apabila diberi dukungan dan bantuan belajar yang tepat .namun multiple disabilities sering kali bukan hal yang aneh dalam diri murid yang tergolong educationally blind .salah satu persoalan dalam pendidikan murid yang buta adalah rendahnya penggunaan Braille dan sedikitnya guru yang menguasai Braille dengan baik
Gangguan Pendengaran
Anak-anak yang tuli secara lahir atau menderita tuli saat masih anak-anak biasanya lemah dalam kemampuan berbicara dan bahasanya .pendekatan pendidikan untuk membantu anak yang punya masalah pendengaran terdiri dari dua kategori : pendekatan oral dan pendekatan manual .pendekatan oral antara lain menggunakan metode membaca gerak bibir ,speech reading (menggunakan alat visual untuk mengajar membaca ) dan sejenisnya .pemdekatan manual adalah dengan bahasa isyarat dan mengeja jari (finger spelling) .bahasa isyarat adalah sistem gerakan tangan yang melambangkan kata
Gangguan Fisik
Gangguan fisik anak antara lain adalah gangguan ortopedik,seperti gangguan karena cedera di otak (cerebral palsy) dan gangguan kejang-kejang (seizure)
1.gangguan ortopedik biasanya berupa keterbatasan gerak atau kurang mampu mengontrol gerak karena ada masalah di otot ,tulang atau sendi.gangguan ini bisa disebabkan oleh problem prenatal (dalam kandungan) atau perinatal (menjelang atau sesudah kelahiran) karena penyakit atau kecelakaan saat anak-anak
2.Cerebral palsy adalah gangguan yang berupa lemahnya koordinasi otot ,tubuh sangat lemah dan goyah (shaking) atau bicaranya tidak jelas .penyebab umum dari cerebral palsy adalah kekurangan oksigen saat kelahiran .dalam jenis cerebral palsy yang paling umum disebut spastic ,otot anak menjadi kaku dan sulit digerakkan
3.Gangguan Kejang-Kejang
Jenis yang paling kerap dijumpai adalah epilepsi .dalam bentuk yang paling umum yang dinamakan absent seizures ,anak mengalami kejang-kejang dalam durasi singkat ,tetapi bisa terjadi beberapa kali sampai seratus kali dalam sehari .dalam bentuk epilepsi lain yang disebut tonic-clonic ,anak akan kehilangan kesadarannya dan menjadi kaku,gemetar dan bertingkah aneh
Retardasi Mental   
Ciri utama retardasi mental adalah lemahnya fungsi intelektual .selain nilai intelegensi nya rendah ,anak dengan retardasi mental juga sulit menyesuaikan diri dan susah berkembang.retardasi mental adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang ditandai dengan rendahnya kecerdasan (biasanya nilai IQ nya dibawah 70) dan sulit beradaptasi dengan kehidupan sehari-hari .anak dengan retardasi mental berat kemungkinan besar juga menunjukkan tanda-tanda komplikasi neurologis ,seperti cerebral palsy ,epilepsi,gangguan pendengaran ,gangguan penglihatan atau cacat bawaan metabolis lainnya yang mempengaruhi sistem saraf pusat
Retardasi mental disebabkan oleh faktor genetik dan kerusakan otak .bentuk yang paling umum adalah down syndrome.anak dengan down syndrome ini memiliki kromosom lebih (47 pasang) .wajahnya bulat,tengkorak yang datar,ada kelebihan lipatan kulit diatas alis ,lidah panjang,kaki pendek,dan retardasi kemampuan motor dan mental
Gangguan Bicara dan Bahasa
Gangguan Artikulasi adalah problem dalam pengucapan suara suara secara benar .anak-anak penderita problem Artikulasi mungkin sulit berkomunikasi dengan teman atau guru dan merasa malu
Gangguan bahasa adalah kerusakan signifikan dalam bahasa reseptif atau bahasa ekspresif anak .gangguan bahasa mencakup tiga kesulitan yaitu : Kesulitan menyusun pertanyaan untuk memperoleh informasi yang diharapkan,kesulitan memahami dan mengikuti perintah lisan,kesulitan mengikuti percakapan ,terutama ketika percakapan itu berlangsung cepat dan kompleks
Ketidakmampuan Belajar  
Berdasarkan definisinya ,anak yang menderita gangguan belajar : punya kecerdasan normal atau diatas normal,kesulitan dalam setidaknya satu atau beberapa mata pelajaran.konsep umum gangguan atau ketidakmampuan belajar mencakup problem dalam kemampuan mendengar,berkonsentrasi,berbicara,berpikir,memori,membaca,menulis dan mengeja,dan/atau ketrampilan sosial .gangguan belajar mungkin berhubungan dengan kondisi medis seperti fetal alchohol syndrome.gangguan belajar juga terjadi bersama dengan gangguan lainnya,seperti gangguan komunikasi dan gangguan perilaku emosional
Attention Deficit H yperactivity Disorder
Atau disebut juga ADHD adalah bentuk ketidakmampuan anak yang ciri-cirinya antara lain : kurang perhatian,hiperaktif dan impulsif .anak-anak hiperaktif menunjukan level aktifitas fisik yang tinggi,hampir selalu bergerak.anam impulsif sulit mengendalikan reaksinya dan gampang bertindak tanpa pikir panjang .anak yang menunjukan gejala ADHD bisa didiagnosis sebagai : ADHD dengan kecenderungan lebih pada kurang perhatian ,ADHD dengan kecenderungan lebih pada hiperaktif/impulsif dan ADHD dengan kecenderungan baik itu kurang perhatian maupun hiperaktif/impulsif .ADHD sulit diatur,kurang toleransi terhadap rasa frustasi dan punya masalah dalam berhubungan dengan teman sebaya .karakteristik umum lainnya adalah ketidakdewasaan dan dekil
Sebab utama ADHD masih belum ditemukan.akan tetapi ada beberapa pendapat tentang penyebabnya ,seperti rendahnya level neurontransmitter (pesan kimiawi dalam otak),abnormalitas prenatal dan abnormalitas postnatal


Gangguan Perilaku dan Emosional
Gangguan perilaku dan emosional terdiri dari problem serius dan terus menerus yang berkaitan dengan hubungan agresif,depresi,ketakutan yang berkaitan dengan persoalan pribadi atau sekolah dan juga berhubungan dengan karakteristik sosioemosional yang tidak tepat .anak lelaki tiga kali lebih besar kemungkinannya mengalami gangguan ini dibandingkan anak perempuan

0 komentar:

Posting Komentar

 

NAB-IL-AH Template by Ipietoon Cute Blog Design