PELAJAR YANG TIDAK BIASA (ANAK
BERKEBUTUHAN KHUSUS)
Dahulu istilah “ketidakmampuan”
(disability) dan “cacat” (handicap) dapat dipakai bersama-sama ,namun kini
kedua istilah itu dibedakan .Disability adalah
keterbatasan fungsi yang membatasi kebutuhan seseorang .Handicap adalah kondisi yang dinisbahkan pada seseorang yang
menderita ketidakmampuan .misalnya,ketika anak yang menggunakan kursi roda tidak memiliki akses yang memadai untuk ke
kamar mandi,transportasi dan sebagainya maka ini disebut sebagai handicapping
condition
Ada beberapa kelompok ketidakmampuan dan
gangguan (disorder) sebagai berikut : gangguan organ indra (sensory) ,gangguan
fisik,retardasi mental ,gangguan bicara dan bahasa ,gangguan belajar (learning
disorder),attention deficit hyperactivity disorder dan gangguan emosional dan
perilaku
Gangguan Indra
Anak-anak yang menderita low vision
punya jarak pandang antara 20/70 dan 20/200 (pada skala snellen dimana angka
normalnya adalah 20/20 ) .anak low vision dapat membaca buku dengan huruf besar
–besar atau dengan bantuan kaca pembesar .anak yang “buta secara edukasional” (educationally
blind) tidak bisa menggunakan penglihatan mereka untuk belajar dan harus
menggunakan pendengaran dan sentuhan untuk belajar .hampir setengah dari anak
jenis ini dilahirkan telah dalam keadaan buta dan sepertiganya mengalami
kebutaan pada tahun-tahun awal kehidupan mereka .banyak anak buta ini punya
kecerdasan normal dan berprestasi secara akademik apabila diberi dukungan dan
bantuan belajar yang tepat .namun multiple disabilities sering kali bukan hal
yang aneh dalam diri murid yang tergolong educationally blind .salah satu
persoalan dalam pendidikan murid yang buta adalah rendahnya penggunaan Braille
dan sedikitnya guru yang menguasai Braille dengan baik
Gangguan Pendengaran
Anak-anak yang tuli secara lahir atau
menderita tuli saat masih anak-anak biasanya lemah dalam kemampuan berbicara
dan bahasanya .pendekatan pendidikan untuk membantu anak yang punya masalah
pendengaran terdiri dari dua kategori : pendekatan oral dan pendekatan manual
.pendekatan oral antara lain menggunakan metode membaca gerak bibir ,speech
reading (menggunakan alat visual untuk mengajar membaca ) dan sejenisnya
.pemdekatan manual adalah dengan bahasa isyarat dan mengeja jari (finger
spelling) .bahasa isyarat adalah sistem gerakan tangan yang melambangkan kata
Gangguan Fisik
Gangguan fisik anak antara lain adalah
gangguan ortopedik,seperti gangguan karena cedera di otak (cerebral palsy) dan
gangguan kejang-kejang (seizure)
1.gangguan
ortopedik biasanya berupa keterbatasan gerak atau kurang mampu mengontrol gerak
karena ada masalah di otot ,tulang atau sendi.gangguan ini bisa disebabkan oleh
problem prenatal (dalam kandungan) atau perinatal (menjelang atau sesudah
kelahiran) karena penyakit atau kecelakaan saat anak-anak
2.Cerebral
palsy adalah gangguan yang berupa lemahnya koordinasi otot ,tubuh sangat lemah
dan goyah (shaking) atau bicaranya tidak jelas .penyebab umum dari cerebral
palsy adalah kekurangan oksigen saat kelahiran .dalam jenis cerebral palsy yang
paling umum disebut spastic ,otot anak menjadi kaku dan sulit digerakkan
3.Gangguan
Kejang-Kejang
Jenis
yang paling kerap dijumpai adalah epilepsi .dalam bentuk yang paling umum yang
dinamakan absent seizures ,anak mengalami kejang-kejang dalam durasi singkat
,tetapi bisa terjadi beberapa kali sampai seratus kali dalam sehari .dalam
bentuk epilepsi lain yang disebut tonic-clonic ,anak akan kehilangan
kesadarannya dan menjadi kaku,gemetar dan bertingkah aneh
Retardasi Mental
Ciri utama retardasi mental adalah
lemahnya fungsi intelektual .selain nilai intelegensi nya rendah ,anak dengan
retardasi mental juga sulit menyesuaikan diri dan susah berkembang.retardasi
mental adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang ditandai dengan rendahnya
kecerdasan (biasanya nilai IQ nya dibawah 70) dan sulit beradaptasi dengan
kehidupan sehari-hari .anak dengan retardasi mental berat kemungkinan besar
juga menunjukkan tanda-tanda komplikasi neurologis ,seperti cerebral palsy
,epilepsi,gangguan pendengaran ,gangguan penglihatan atau cacat bawaan
metabolis lainnya yang mempengaruhi sistem saraf pusat
Retardasi mental disebabkan oleh faktor
genetik dan kerusakan otak .bentuk yang paling umum adalah down syndrome.anak
dengan down syndrome ini memiliki kromosom lebih (47 pasang) .wajahnya
bulat,tengkorak yang datar,ada kelebihan lipatan kulit diatas alis ,lidah
panjang,kaki pendek,dan retardasi kemampuan motor dan mental
Gangguan Bicara dan
Bahasa
Gangguan Artikulasi adalah problem dalam
pengucapan suara suara secara benar .anak-anak penderita problem Artikulasi
mungkin sulit berkomunikasi dengan teman atau guru dan merasa malu
Gangguan bahasa adalah kerusakan
signifikan dalam bahasa reseptif atau bahasa ekspresif anak .gangguan bahasa
mencakup tiga kesulitan yaitu : Kesulitan menyusun pertanyaan untuk memperoleh
informasi yang diharapkan,kesulitan memahami dan mengikuti perintah
lisan,kesulitan mengikuti percakapan ,terutama ketika percakapan itu
berlangsung cepat dan kompleks
Ketidakmampuan Belajar
Berdasarkan definisinya ,anak yang
menderita gangguan belajar : punya kecerdasan normal atau diatas
normal,kesulitan dalam setidaknya satu atau beberapa mata pelajaran.konsep umum
gangguan atau ketidakmampuan belajar mencakup problem dalam kemampuan
mendengar,berkonsentrasi,berbicara,berpikir,memori,membaca,menulis dan
mengeja,dan/atau ketrampilan sosial .gangguan belajar mungkin berhubungan
dengan kondisi medis seperti fetal alchohol syndrome.gangguan belajar juga
terjadi bersama dengan gangguan lainnya,seperti gangguan komunikasi dan
gangguan perilaku emosional
Attention Deficit H yperactivity
Disorder
Atau disebut juga ADHD adalah bentuk
ketidakmampuan anak yang ciri-cirinya antara lain : kurang perhatian,hiperaktif
dan impulsif .anak-anak hiperaktif menunjukan level aktifitas fisik yang
tinggi,hampir selalu bergerak.anam impulsif sulit mengendalikan reaksinya dan
gampang bertindak tanpa pikir panjang .anak yang menunjukan gejala ADHD bisa
didiagnosis sebagai : ADHD dengan kecenderungan lebih pada kurang perhatian
,ADHD dengan kecenderungan lebih pada hiperaktif/impulsif dan ADHD dengan
kecenderungan baik itu kurang perhatian maupun hiperaktif/impulsif .ADHD sulit
diatur,kurang toleransi terhadap rasa frustasi dan punya masalah dalam
berhubungan dengan teman sebaya .karakteristik umum lainnya adalah
ketidakdewasaan dan dekil
Sebab utama ADHD masih belum
ditemukan.akan tetapi ada beberapa pendapat tentang penyebabnya ,seperti
rendahnya level neurontransmitter (pesan kimiawi dalam otak),abnormalitas
prenatal dan abnormalitas postnatal
Gangguan Perilaku dan
Emosional
Gangguan perilaku dan emosional terdiri
dari problem serius dan terus menerus yang berkaitan dengan hubungan
agresif,depresi,ketakutan yang berkaitan dengan persoalan pribadi atau sekolah
dan juga berhubungan dengan karakteristik sosioemosional yang tidak tepat .anak
lelaki tiga kali lebih besar kemungkinannya mengalami gangguan ini dibandingkan
anak perempuan
0 komentar:
Posting Komentar